Ready, Set, Recharge!

Bergaul Dengan Teman Yang Ceria

Berada di dekat orang-orang positif cukup membuat Anda tersenyum. Miliki satu orang saja teman yang hidup penuh keceriaan, kesempatan Anda berbahagia akan bertambah 25%. Ini berdasarkan penelitian di University of California, San Diego, AS. Para peneliti menduga, kebahagiaan itu menular. Orang ceria biasanya baik pada sekeliling, sehingga bikin nyaman. Tangkap virus ramah tersebut dengan ber-jogging bersama.

Langsung Praktek

Jangan hanya menunggu dan bersikap pasif. Langsung pakai sepatu sport Anda dan lakukan jumping jack. Atau, gunakan speaker phone saat menangani klien rewel, dan lakukan posisi sun salutation. "Latihan kecil ini bisa memperbaiki aliran darah ke seluruh tubuh dan otak," ucap Geralyn Coopersmith, pelatih fisik dan penulis buku Fit+Female. Mempraktekkan gerakan olahraga ini bisa mengembalikan semangat bekerja Anda.

Matikan TV

Jika keranjingan sinetron di TV, segera ambil remote dan matikan! Analisa data selama 34 tahun di University of Maryland, AS, menyimpulkan bahwa mereka yang mengaku 'lumayan bahagia', menonton TV 10% lebih banyak ketimbang orang-orang yang mengaku 'sangat bahagia'. Teorinya: terikat pada layar kaca memang bisa menghibur sementara, tapi tidak abadi. Parahnya, kegiatan ini bisa menghilangkan banyak aktivitas menyenangkan seperti kelas aerobik atau piknik bersama teman.

Kencangkan Otot, Percaya Diri

Otot bergerak lebih efisien jika kencang, dan membuat langkah Anda lebih ringan. Tak punya waktu nge-gym? Lakukan olah tubuh cepat dengan target bagian otot terbesar, jelas Michael R. Bracko, pelatih fisik direktur Dr. Bracko's Fitnes, sebuah jasa konsultan di Kanada. Coba squats dynamic combo (lakukanlah dengan menekan punggung ke stability ball menghadap dinding) dan clips (duduk di kursi, geser bokong dan gerakkan tubuh Anda ke atas dan bawah). Lakukan 3 set dengan 10-15 repetisi selama 3 kali seminggu, Anda pasti merasa beda.

Santai Saja

Buat energy drink sendiri, campurkan anggur dan jus delima dengan es batu yang dihancurkan. Gizi bisa terserap oleh tubuh lebih baik melalui sayur atau buah yang bersuhu dingin ketimbang yang bersuhu kamar, ucap Steven Pratt, MD, penulis Super Health.

Ungkapkan Pikiran Anda

Jika ada teman yang memenangkan sebuah kompetisi, jangan hanya memberinya selamat. Pujilah dia dengan tulus dan katakan ia luar biasa, dan Anda terkesan dan bangga dengan kehebatannya. Anda pasti merasa hebat juga jika merespon suatu hal baik dengan penuh antusiasme. Anda juga menyebarkan energi positif, termasuk pada diri sendiri, ucap Shelly Gable, Ph.D., profesor psikologi di University of California, Santa Barbara, AS.

Makanan Untuk Energi

Ambil kudapan yang mengandung protein dan karbohidrat sebelum jogging pagi. Coba tip praktis dari Dr. Pratt dan Jennifer Iserlof, penulis buku Secrets of Skinny Chef.

Banana-chocolate smoothie. Campur satu buah pisang berukuran sedang, 2 sendok teh bubuk cokelat tidak manis, 1 cangkir yogurt polos tanpa lemak, 1,5 cangkir susu tanpa lemak, 2 sendok teh madu, 2 cangkir es dan bubuk kayu manis secukupnya.

Hot chocolate. Panaskan 225 gram susu putih dan tambahkan 4 sendok teh bubuk cokelat asli dan madu penambah rasa.

Kacang, kacang, kacang

Segenggam kacang almond, pistachio atau kenari bisa mengembalikan energi setelah berolah tubuh. Ketiga jenis kacang ini mengandung arginine, yang bisa menstimulasi peredaran darah dan lebih cepat mengalirkan zat-zat gizi ke otot Anda, ucap David Heber M.D, direktur UCLA Center for Human Nutrition, Los Angeles, AS. Plus, penelitian ini juga menyebutkan gerakan mengunyah kacang berulang kali mendorong produksi serotonin yang bisa memperbaiki mood Anda.

Bikin Playlist Asik

Musik jadi motivasi mujarab menggerakkan tubuh, semakin tubuh mengikuti musik, makin banyak kalori terbakar. Riset membuktikan tempo lagu bisa menambah daya tahan hingga 15%, Pilih lagu up tempo untuk teman berolah tubuh.

Warna Ceria

Kuning adalah warna optimisme dan keceriaan. Coba ganti warna dinding atau karpet atau sarung bantal duduk sofa di ruangan keluarga Anda dengan warna yang lebih berenergi.

Komentar

Postingan Populer